Jumat, 03 Oktober 2014

Berfikir diluar Kotak

Teka Teki Sembilan titik
Artikel yang saya buat ini terkait erat dengan Teka Teki Sembilan Titik (Nine Dot Puzzle). Dalam teka teki sembilan titik tersebut, kita diharuskan untuk menghubungkan 9 titik tersebut dengan garis lurus tanpa mengangkat pena sekalipun. ini adalah salah satu cara untuk berfikir diluar kotak.

Berfikir diluar kotak, adalah berfikir diluar batas keadaan normal manusia pada umumnya (itu yang dikatakan di banyak artikel). Oh, Namun bagi saya, lebih tepat nya, berfikir diluar kebiasaan lama. dalam berfikir diluar kotak, kita menemukan sebuah TEMBOK PEMBATAS, yang tidak mengijinkan kita untuk berfikir kesana. Perasaan ini (perasaan untuk mencoba berfikir diluar kotak), itu seperti mencoba mengingat sesuatu yang tidak kita ingat. Seperti itulah perasaan saya ketika mencobanya. Meskipun sebenarnya, berfikir diluar kotak adalah seperti "berfikir terhadap sebuah keadaan yang sama sekali tidak pernah kita bayangkan", namun perasaan (rasa) ketika mencoba melakukan nya adalah seperti mengingat- ingat hal kita lupa. Sungguh aneh bukan !. Otak manusia memang aneh, sadarilah !.

Dari beragam informasi yang saya dapatkan, teka teki sembilan titik bisa dipecahkan jika orang tersebut mau -dan mampu- berfikir diluar kewajaran. Namun, berfikir diluar kewajaran harus diimbangi dengan daya rasionalitas yang tinggi. Tanpa rasionalitas, cara berfikir diluar kotak yang Anda lakukan, hanya akan berakhir dengan FANTASI semata. ini yang jarang dituliskan oleh orang lain atas teka- teki sembilan titik ini -dan disini, saya akan menuliskan lebih banyak hal lain lagi, yang tidak banyak diketahui oleh orang lain.

Apa yang menjadi kendala seseorang untuk mencoba berfikir diluar kotak?.
Manusia hidup di lingkungan lama mereka. dengan kebiasaan lama, yang telah mereka jalani selama bertahun- tahun. Dalam lingkungan lama tersebut, apa yang didapatkan -dengan menggunakan sifat, sikap dan tindakan- menggunakan kebudayaan lama tersebut, adalah hal itu- itu saja. "Melakukan hal yang sama, dan mengharap hasil yang berbeda adalah GILA" (Einstein). NAMUN... Bagaimana penjelasan nya atas "mengapa orang sangat sulit untuk berfikir diluar kotak"?. Seakan- akan, membayangkan sesuatu yang tidak pernah terjamah sebelumnya !.

Manusia hidup di lingkungan lama mereka. dengan kebiasaan lama, yang telah mereka jalani selama bertahun- tahun. Dalam lingkungan lama tersebut, apa yang didapatkan -dengan menggunakan sifat, sikap dan tindakan- menggunakan kebudayaan lama tersebut, adalah hal itu- itu saja. MENGAPA YANG DIDAPATKAN ADALAH HAL YANG ITU- ITU SAJA?. MENGAPA TIDAK BISA MENDAPATKAN HAL LAIN, YANG LEBIH HEBAT DAN LEBIH BESAR DARI ITU !?.

ini dikarenakan; Anda berfikir dengan menggunakan cara- cara yang lama. Anda berfikir dengan menggunakan cara lama, dan menggharap hasil yang berbeda. Cara lama yang Anda gunakan, tidak bisa untuk meraih hal yang berbeda. Anda harus mengubah cara lama ini, untuk bisa mendapatkan hasil yang berbeda.

Teorinya mudah bukan !. Namun, sepengalaman saya, perasaan lama itu seringkali menutupi ide- ide baru. Sulit sekali menemukan ide baru yang realistis, dengan menggunakan cara yang lama. Kesulitan mendapatkan ide- ide baru ini, seperti berfikir tentang "kebohongan" yang dilakukan oleh orang yang paling kamu percaya. Sulit sekali berfikir untuk menganalisa kebohongan dari sahabat karib mu. TAPI, jika kamu berfikir untuk "Mencurigai" dia, maka akan lebih mudah untuk menganalisa kebohongan yang dilakukan nya. Jika kamu masih menganggap dia adalah orang yang JUJUR (yang kamu percaya), sangat sulit untuk mendeteksi kebohongan yang dia lakukan.

Bagi saya, untuk bisa berfikir untuk mendapatkan ide baru, yang harus saya lakukan adalah memasrahkan diri untuk berani mengambil segala macam tindakan yang harus dan "MEMUNGKINKAN" untuk dilakukan. Ya, saya katakan sekali lagi. mengambil segala macam tindakan yang harus dan "MEMUNGKINKAN" untuk dilakukan. Mungkin ini terdengar jahat atau terdengar sebagai orang yang tampak rakus. Namun, sadarilah... kamu tidak bisa berjalan di dua arah yang berbeda sekaligus. Mungkin, di masa depan kita mungkin saja melakukan hal itu. Tapi, kita bicara keadaan SAAT INI. Apakah Anda bisa, saat ini juga, berjalan di dua arah yang berbeda dalam waktu yang sama!. Jangan berfikir "aku yakin bisa". Namun, Buktikan hal itu dengan kenyataan. Jika kamu tidak bisa mengubah kenyataan, sadarilah hal itu, terimalah hal itu, dan cari cara lain (jalan pintas/ jalan memutar) yang bisa kamu gunakan untuk mencapai tujuan mu.

Kita kesulitan menemukan solusi diluar kotak (diluar kepala kita), karena kita MENGGUNAKAN METODE BERFIKIR yang lama. Karena METODE/ Cara berfikir yang lama tersebut lah, ide baru itu tidak dapat muncul. dan, ada kendala selanjutnya... Jika Anda berfikir menggunakan cara yang baru, hal itu belum tentu berhasil membangkitkan ide- ide baru. Saya bilang, 50% ide baru akan gagal. Namun, jika Anda menyerah untuk mencoba mendapatkan ide baru, dengan menggunakan cara berfikir baru, dikarenakan satu-dua kali Anda gagal melakukan nya, maka Anda akan terhenti disini. Karena, metode baru memiliki sifat yang sangat rapuh/ rancu/ meragukan untuk diterapkan pertama kali.

Namun, hal lain yang lebih berat dari itu adalah; mengubah kebiasaan lama.


Solusi atas teka- teki sembilan titik !

0 comments: